Berikan Manfaat Strategis IKM, Kini Bersiaplah, Kejuaraan Indonesia International Marathon 2022 Kembali Digelar

 

Sanur - Dua tahun vakum, kini Bali kembali dipercaya sebagai lokasi perhelatan event Indonesia International Marathon 2022. 

Kali ini perlombaan IIM 2022 yang diikuti sebanyak 3500 peserta dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit pelari atau rekord, membangkitkan pariwisata dan perekonomian di Bali serta sebagai ajang promosi pelaksanaan KTT G20.

Kemudian, titik start dan finish ajang olahraga lari international ini di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali serta akan diselenggarakannya pada Minggu (26/6/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana mengucapkan rasa terima kasih atas terpilihnya Bali untuk perhelatan event Indonesia International Marathon 2022 berskala Internasional ini.

"Atas nama Pemda Provinsi Bali, saya sampaikan selamat datang kepada para peserta. Mudah-mudahan kedamaian suasana di Bali akan memberikan hal-hal yang positif kepada teman-teman kita dan saudara-saudara kita yang nanti mengikuti ajang Indonesia International Marathon pada tanggal 26 Juni yang akan datang," kata Tjokorda Oka Artha Ardana yang kerap disapa Cok Ace saat konferensi pers di Grand Inna Bali Beach, Sanur, (24/6).

Dan kepada panitia, sambung Cok Ace, saya sampaikan terima kasih setinggi-tingginya atas terpilihnya Bali sebagai penyelenggara acara ini. Mudah-mudahan jadi ajang tahunan yang akan datang. Pemerintah Provinsi sangat mendukung.

Perihal memberikan manfaat yang sangat strategis, dirinya mendengarkan langsung dari pihak panitia banyak dari pelaku usaha IKM (Industri Kecil Menengah) kami yang dibantu. Banyak kelengkapan dari lari marathon kami yang dibeli, dibuat di Bali melibatkan IKM dan UMKM di Bali, saya sampaikan terima kasih.

"Tentunya, ini juga jadi ajang promosi yang luar biasa di Bali. Mudah-mudahan dengan lari marathon ini, dunia bisa melihat lebih dekat lagi melihat Bali ini, bagaimana kondisi kita, bagaimana kondisi Covid-19 di Bali dan lainnya,” kata Wakil Gubernur Bali usai mengawali kata sambutan.

Ditempat yang sama, Kasdam Brigjen TNI Harfendi yang mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto menyampaikan bahwa kesiapan Kodam IX/Udayana dalam mengamankan event ini dengan mengerahkan 4 SSK (Satuan Setingkat Kompi) masing-masing dari Yonif Raider 900/SBW, Yonif Mekanis 741/GN, Yonzipur 18/YKR dan Denkav 4/SP yang dalam pelaksanaannya di lapangan akan berperan sebagai Pam Rute maupun Pam Tertutup.

"Selain itu, Kodam IX/Udayana juga menerjunkan sekitar 500 prajurit untuk berpartisipasi sebagai petugas, panitia maupun peserta dalam kegiatan Indonesia Internasional Marathon Tahun 2022,” kata Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi dihadapan wartawan.

Kendati demikian, Race Director IIM 2022 Riena Tambunan mengungkapkan bahwa event Indonesia International Marathon (IIM) 2022 akan di hadiri 60 WNA dan sisanya dari Indonesia. Ajang ini terdiri dari 4 kategori yakni, 5K, 10K, Half Marathon, dan Marathon. 

"Kami akan menutup seluruh jalan yang akan kami gunakan, dan ada beberapa titik krusial yang kami tutup-buka sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi, mohon dimaklumi dan saya rasa pencapaian ini bukan hanya untuk satu komite atau satu brand saja, tetapi untuk seluruh rakyat Bali, dan tepatnya untuk Indonesia," ungkap Riena Tambunan dilokasi.

Adapun, Rute event Indonesia International Marathon 2022 akan melewati beberapa landmark terkenal dan titik wisata paling populer di Bali.

Namun, Guna mensukseskan perhelatan international tersebut, beberapa jalan yang ditutup sementara saat IIM 2022 antara lain Sanur, By Pass Ngurah Rai, Pantai Kuta, Legian, Kawasan Seminyak, dan Jalan Sunset Road. 

IIM 2022 diadakan dengan menggunakan standar internasional. Trek Indonesia yang telah diukur oleh David Katz – pengukur trek asal Amerika telah diakui oleh World Athletics–AIMS dengan dikeluarkannya sertifikat pengukuran trek.

Sementara itu, konferensi pers IIM 2022 tampak dihadiri, Lukman Djajakusuma, MEMOS, Sekjen KONI Pusat, Made Cakra Adi selaku chairman dari organizing committee, Manabu Tanaka selaku advisor dan technical director, dan Christine Hutabarat, Direktur Strategi Bisnis Hotel Indonesia Natour (Persero) sebagai Pengelola Grand Inna Bali Beach.


Penulis: Za


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama