Mengenal Lebih Dekat Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta

 

Klungkung - Sejak resmi terpilih dan dilantik pada tahun 2018 oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Kini Pejabat Pemerintah Kabupaten Klungkung kembali kedatangan putra terbaik dan sederhana, I Made Kasta S.Sos yang ditugaskan sebagai Wakil Bupati Klungkung.

I Made Kasta S.Sos bukanlah orang baru di Klungkung, karena memiliki pengalaman birokrasi yang cukup panjang selama bertugas, dan bisa membantu pembangunan Kabupaten Klungkung bersama Bupati I Nyoman Suwirta, hingga tahun 2023 yang sama-sama berkomitmen membangun daerahnya.

Disela perbincangannya bersama wartawan, Wakil Bupati Klungkung mengatakan, bahwa wartawan itu adalah mitra instansi pemerintahan, bekerja sama dengan baik dalam hal pemberitaan. 

"Agar tetap eksis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, dan senantiasa menjaga netralitas serta independent dalam menyajikan berita," ucap Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta S.Sos bersama wartawan saat mempererat tali silaturahmi dan sinergitas di kediamannya, Jalan Raya Besakih, Banjar Sangging Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Selasa (21/06/2022). 

Dikatakan I Made Kasta, pengalaman mengenai soal kinerja bahwasannya pihaknya dari Bendesa merangkap Perbekel di Desa Akah dan menjadi Anggota DPRD, lanjut terpilih menjadi Wakil Bupati Kabupaten Klungkung. 

"Ini kita dari sisi adat kita sudah pahami semua, dari sisi dinas karena pernah mengemban Kepala Desa, dan Bendesa Adat. Makanya kita tau bagaimana seorang pemimpin harus memahami keadaan masyarakatnya. Kita gaboleh baru jadi pemimpin dada membusung dan kita tetap kelola dengan kesederhanaan, karena kita lahir dari rakyat, untuk rakyat, oleh rakyat," kata mantan anggota DPRD Klungkung Fraksi Gerinda.

Wakil Bupati pun berharap kepada masyarakat harus ada hubungan komunikasi antara pemimpin dengan rakyatnya. Masyarakat dengan pemimpin jangan ada jarak, kalau ada jarak berarti masih ego-egoan. Inilah yang kita inginkan masyarakat datang kerumah Wakil Bupati karena itu adalah rumahnya, impian pula kita turun ke masyarakat adalah rumah kita juga.

"Bagaimana nanti, untuk masyarakat selalu melakukan komunikasi-komunikasi dengan para pemimpin, baik itu Kepala Desa, Camat, dan lainnya. Kalau sudah terjaga komunikasi, kita yakin daerah yang kita pimpin akan sejahtera," harap Politikus besutan Partai Gerindra.

Lebih jauh mengenal sosok I Made Kasta S.Sos. Ia adalah ayah dari ke empat orang anak yang menjadi Wakil Bupati bernotabene berasal dari keluarga sederhana yang terletak di bagian timur Pulau Bali. 

Perlu diketahui, pria kelahiran Akah 28 Juni 1966 tersebut pernah menjabat Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Akah pada tahun 1992. Sebelum terpilih sebagai Kepala Desa Akah sekaligus Bendesa pada tahun 2004, I Made Kasta menjadi Petajuh (Wakil) Bendesa Adat tahun 1997. 

Pada tahun 2009, I Made Kasta mulai mengawali karier politiknya, dan ia turut mendirikan Partai Gerindra. Pada periode itu juga dirinya terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Klungkung. Kemudian, tidak berselang lama beliau menjadi orang nomor dua di Klungkung.

Tidak hanya itu saja, dalam membidangi organisasi pun I Made Kasta mengemban tanggung jawab sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Klungkung, Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Klungkung, dan sebagai Penggagas berdirinya Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Klungkung pada tahun 2018, serta mendapatkan penghargaan (awards) dari Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali.

Menjelang Persiapan Presidensi Indonesia KTT G20 

Dalam menyambut Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada bulan November 2022 mendatang, I Made Kasta selaku Wakil Bupati Klungkung mendukung penuh kegiatan tersebut.

"Kita mendukung penuh untuk KTT G20 karena ini ajang Dunia, maka dari itu kita juga berharap dari semua pemimpin-pemimpin daerah harus bersiap-siap mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita diinginkan. Makanya sinergitas antara pemimpin daerah, provinsi, dan pusat itu menjadi satu kesatuan. Karena kalau kita sudah menyatu, kita yakin nanti G20 akan berjalan sesuai dengan harapan kita," tukasnya.

Dengan demikian, Wakil Bupati Klungkung menghimbau kepada masyarakat khususnya Klungkung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan harus tetap waspada.



Penulis: Reza Mahendra

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama