Raih Juara 42K di Ajang IIM 2022, Agus Prayogo Mengaku Persiapan Kurang Maksimal

 

Raih Juara 42K di Ajang IIM 2022, Agus Prayogo Mengaku Persiapan Kurang Maksimal
Agus Prayogo (36), atlet pelari jarak jauh nasional naik podium pertama di ajang Indonesia International Marathon 2022 (Foto: Reza Mahendra/Suara Realitas)

Sanur - Agus Prayogo (36), atlet pelari jarak jauh (marathon) nasional Indonesia berhasil meraih prestasi membanggakan. 

Kali ini, Agus berhasil first runner yang melewati garis finish dengan catatan waktu 2 jam 36 menit 16 detik dalam kategori full marathon dengan jarak 42 kilometer di ajang kompetisi Indonesia International Marathon (IMM) 2022 yang berlangsung di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Minggu (26/6/2022).

Atlet pelari nasional asal Bogor, Jawa Barat dan ratusan pelari lainnya mengawali start full Marathon tepat pada pukul 04.30 WITA.

Setelah menempuh jarak 42 kilometer, dengan mengenakan kaus singlet berwarna merah muda cerah, kedatangan Agus pun disambut oleh sorak sorai penonton. Agus Prayogo masih terlihat kuat, dan tidak tumbang.

Namun,  dirinya masih menyimpan banyak stamina untuk melayani penggemarnya dari peserta lari lain untuk berfoto, dan menerima ucapan selamat dari runners lainnya.

Kepada Suara Realitas, Atlet nasional itu merasa sangat senang karena dirinya bisa bersilaturahmi, mengingat selama pandemi tidak ada event.

"Saya senang ya, jauh-jauh datang ke Bali niatnya bisa silaturahmi dengan run sunrise, sejak pandemi ini tidak ada event, dan akhirnya setelah kesini, saya bisa menjuarai," ucap Agus Prayogo usai menerima hadiah sebagai juara pertama kategori full marathon 42K dalam Indonesia International Marathon (IIM) 2022 di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali.

Sementara itu, dirinya mengaku persiapan menuju IIM 2022 ini, kurang maksimal karena tampil di SEA Games 2021 Vietnam, pada bulan Mei 2022.

Agus Prayogo saat dimintai keterangan suararealitas.site usai menerima hadiah sebagai juara pertama di ajang IIM 2022, Minggu (26/6).

"Karena mengingat saya pulang SEA Games itu memasuki masa transisi, dan memang tidak fokus kesini," tutur pria kelahiran 23 Agustus 1985 yang juga berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2001 lalu.

Meski begitu, pelari asal Bogor Jawa Barat itu tidak melakukan persiapan yang serius, karena secara umum latihan tik tok nya sudah dilakukan sebelum SEA Games.

"Ya kemarin memang program latihan itu secara umum dilakukan sebelum persiapan SEA Games. Dan setelah SEA Games jumlah volume dan intensitasnya diturunkan, sehingga dari segi catatan waktu tadi, turun sekitar 11 menit dibanding dengan catatan waktu di SEA Games Vietnam," terang pria dengan nomor peserta 4025 yang juga berprofesi sebagai anggota TNI AD berpangkat Letnan dua Infanteri.

Di ajang kompetisi international yang pertama ini, agus pun berharap mudah-mudahan kedepannya bisa berlanjut dan menjadi event tahunan.

Perlu diketahui, kiprah Agus Prayogo cukup dikenal khususnya di dunia atletik. 

Agus telah menorehkan dengan sejumlah prestasi selama berkarier sebagai atlet lari jarak jauh. Dimulai dari juara pertama Jakarta 10K 2003, prestasinya terus melambung tinggi.

Agus juga berjaya di beberapa Pekan Olahraga Nasional. Selain itu, Agus juga pernah menjadi wakil Indonesia di SEA Games.

Prestasi terakhir yang berhasil Agus raih yaitu medali perak dengan kategori maraton putra pada gelaran Sea Games Vietnam 2022.


Penulis: Reza Mahendra

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama