Jalin Silaturahmi, Bupati Gianyar Terima dan Sambut Hangat Kunjungan Studi Tiru FKUB Kabupaten Malang

Jalin Silaturahmi, Bupati Gianyar Terima dan Sambut Hangat Kunjungan Studi Tiru FKUB Kabupaten Malang

Gianyar - Dalam kunjungan studi tiru sekaligus jalin silaturahmi, Bupati Gianyar Made Mahayastra menerima langsung dan sambut hangat kedatangan rombongan Forum Kerukukan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malang di ruang kerja Bupati Gianyar, tepatnya di Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali, pada hari Jum'at (22/07/2022) pagi.

Adapun, kegiatan ini juga tampak dihadiri oleh Ketua FKUB Kabupaten Gianyar Ida Bagus Made Viprajana, Wakil Pengurus FKUB Kabupaten Malang Sutomo Adi Wijoyo, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Gianyar, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Gianyar, dan beserta anggota rombongan FKUB Kabupaten Malang kurang lebih berjumlah 23 orang.

Sutomo Adi Wijoyo selaku Wakil Pengurus FKUB Kabupaten Malang mengucapkan rasa terima kasih atas waktunya kepada Bupati Gianyar yang mana bisa menerima secara langsung kunjungan kami. 

"Kunjungan kami ini guna melaksanakan studi tiru menjaga kerukunan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara khususnya di Kabupaten Gianyar. Kami memilih kunjungan ke Kabupaten Gianyar karena mendengar dan mencari beberapa kasus terkait dengan umat bergama di Gianyar tidak ada satupun. Hal tersebut yang bisa menjadi acuan kami untuk melaksanakan studi ini di Kabupaten Gianyar," ungkap Sutomo Adi Wijoyo dilokasi.

Selanjutnya, Sutomo menjelaskan bahwa Kabupaten Gianyar sekiranya bisa menjadi tempat yang memberikan hikmah, untuk dibawa kembali ke Malang dalam menjaga kerukunan umat.


"FKUB Kabupaten Malang bersama Pemkab Malang memiliki sistem untuk mengurai tindakan-tindakan atau isu-isu sara yang menyebar di masayarakat. Demi meredam hal tersebut, pihak FKUB bersama Pemkab Malang turun langsung ke sumber yang menjadi permasalahan di masyarakat," jelasnya.

Kemudian langkah-langkah yang kami lakukan ini, sambung Sutomo, menekankan terjadinya perpecahan yang mengatasnamakan agama, untuk bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

“Semoga kedepannya terus bisa seperti ini, duduk bersama dalam beragam agama yang berbeda namun tetap menjunjung rasa persaudaraan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Bupati Gianyar Made Mahayastra mengatakan, kerukunan yang terjalin antar umat beragama memang menjadi salah satu acuan yang utama dalam membangun kabupaten yang sejahtera. Semoga kunjungan yang dilakukan FKUB Kabupaten Malang bisa mendapatkan apa yang diinginkan dalam studi tiru ini, dan teruntuk konflik agama di Gianyar bisa dikatakan tidak ada.

“Semoga pencapaian selama ini terkait kerukunan umat, bisa dilanjutkan guna membangun kabupaten yang sejahtera,” tegas Bupati Gianyar Made Mahayastra.



Penulis: IGS
Editor: Za

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama