Gotong Royong Membumikan Pancasila, Dian Istiqomah Berkolaborasi dengan BPIP Lakukan Sosialisasi

Gotong Royong Membumikan Pancasila, Dian Istiqomah Berkolaborasi dengan BPIP Lakukan Sosialisasi

JAKARTA - Penting nya memaknai Ideologi Pancasila, sudah menjadi suatu keharusan, yang mana Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia.

Bahkan, wajib bagi seluruh anak bangsa menjaga dasar negara Pancasila serta mampu mengamalkan apa yang terkandung dalam butir - butir yang tertera di dalam kandungan Pancasila.

Guna memberikan asupan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang penting nya peranan Ideologi Pancasila.

Sebab itu, Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Dapil DKI Jakarta 3, berkolaborasi dengan mitra kerja nya, BPIP (Badan Peranan Ideologi Pancasila) melaksanakan kegiatan sosialisasi.

"Ideologi Pancasila merupakan kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berfikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila. Dan, Pancasila sebagai ideologi dasar negara serta juga sebagai pandangan hidup/ the way of life," jelas Dian Istiqomah, S.Kep dalam keterangan sosialisasinya di lokasi.

Politikus asal PAN ini menambahkan bahwa kegiatan ini di gelar oleh BPIP, yang mana BPIP merupakan mitra kerja Komisi II DPR RI, dengan tujuan membumikan Pancasila. "Yang mana kegiatan ini bertepatan sekali menjelang peringatan hari kemerdekan Republik Indonesia," ungkap nya.

Perlu diketahui, berdirinya BPIP pada tanggal 28 Febuari 2018 oleh pemerintah. BPIP adalah lembaga yang berada di bawah Presiden dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, dan bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan ideologi Pancasila.

Adapun susunan pengurus nya antara lain,  Prof.Drs.KH Yudian Wahyudi M.A.Ph.D, sebagai Kepala BPIP dan Ketua Dewan Pengarah Prof Dr (HC) Hj Megawati Soekarnoputri.

Lebih jauh, Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PAN menyampaikan, lahir nya Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni 1945. "Yang mana di rumuskan oleh anak - anak bangsa (team 9) diantaranya, Bung Karno, Moh Hatta, A.A.Maramis, Agikosno Tjokro Soejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Ahmad Soebardjo, Wahid Hasyim, dan Mohamad Yamin," tutup nya.

Kemudian, kegiatan berlangsung di hotel Hilton Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat, yang di hadiri sebanyak 250 peserta, pada hari Sabtu (13/8/2022).

Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Dian Istiqomah S.Kep Dapil DKI Jakarta 3, Direktur Pengkajian Implementasi Pembinaan Ideologi Pancasila Toto Purbiyanto, S.Kom, M.Ti. Kepala Suku Dinas atau Kasudin Kebudayaan Jakarta Barat H. Ahmad Syarofi.*(Amr/SR)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama