Hari Kedua Gebyar Seni Budaya Nusantara 2022 Hadirkan Sutradara Senior Kama Sudra Syafei

Hari Kedua Gebyar Seni Budaya Nusantara 2022 Hadirkan Sutradara Senior Kama Sudra Syafei

JAKARTA - Hari kedua Gebyar Seni Budaya Nusantara 2022 telah menampilkan sejumlah tari-tarian dan pencak silat dari daerah nusantara di 34 provinsi.

Adapun, kegiatan tersebut yang digelar di RTH Kalijodo yang di saksikan penonton mulai dari pagi sampai siang dini hari dan juga akan berlangsung hingga malam, Minggu (14/8/2022).

Kemudian sejak pagi tadi, acara tersebut telah menampilkan tari Tanduk Majeng dari Madura, pencak silat khas Madura, selaras pinang masak dari Jambi, tari Gelang Ro’om dari Madura Jawa Timur, Orkes Betawi, Tari Pattudu to Tama dari Mandar, Tari Ksatria dari Jawa Tengah, Tari Te’o Renda dari NTT, Tari Motaro dari Sulawesi Tengah, Tari Berburu Kalimantan Barat, tari Kuda Gipang Kalimantan Selatan dan masih banyak lagi yang belum disebut untuk tampil di acara Gebyar Seni Budaya Nusantara 2022 ini.

Bahkan animo masyarakat yang menyaksikan terasa terhibur dari penampilan para seniman-seniman dari ragam daerah.

Disela waktunya saat di temui wartawan, Sutradara Senior Kama Sudra Syafei (78) dirinya menceritakan kisahnya pada almarhum Benyamin Sueb selaku Aktor Legendaris Betawi dalam pembuatan film yang dia sutradarai bersama almarhum tersebut.

Bahwa almarhum Benyamin Sueb di mata Kama Sudra ialah aktor sangat pintar dan cerdas dan bagi dirinya almarhum Benyamin belum ada yang bisa menggantikan beliau dalam aktingnya.

"Bagi saya, belum ada yang bisa menggantikan almarhum Benyamin dalam berakting, almarhum juga aktor sangat pintar dan cerdas," kata Kama Sudra dilokali.

Lebih lanjut, Kama teruskan, saat dia di tawarkan untuk menyutradarai si Doel Anak Sekolahan tahun 80-an, Kama menjawab, mana laku nanti filmnya, ehh ternyata meledak, itulah almarhum bagi saya seniman yang pintar dan cerdas.

Kama Sudra menjelaskan bahwa dirinya telah menyutradarai 4 film dengan almarhum Benyamin yaitu pada tahun 82-an, dengan judul film 7 Menuju Tanah Suci, Panggilan Ka’bah, Ya Allah Ampuni Dosaku, dan Haji Mabrur.

Kama Sudra juga berpesan kepada panitia penyelenggara Gebyar Seni Budaya Nusantara 2022 ini untuk tetap di adakan setiap tahunnya, hal itu supaya untuk mengenal budaya-budaya kita pada generasi muda.

Sementara itu, dia juga menginginkan, kalau bisa hadirkan atau undang keluarga almarhum Benyamin yang mewakili yaitu, bang Beib atau Baim di acara Gebyar Seni Budaya Nusantara ini.

Di tempat yang sama, Daenk jamal yang berada di sebelah sutradara senior itu pun menyampaikan bahwa dirinya merasa bangga dengan Kama Sudra yang bisa hadir di acara Gebyar Seni Budaya Nusantara 2022 yang di gelar di RTH Kalijodo.

"Saya bangga dengan pak Kama Sudra, beliau seorang sutradara senior bisa hadir di tengah kita, dengan cerita bersama almarhum Benyamin Sueb,” tutur Daenk Jamal dilokasi dengan penuh ekspresi gembira.

Dengan penampilan tarian ragam budaya nusantara, kata Daenk Jamal, suatu insiprasi dan pengenalan dari segala budaya di negara kita.

"Kita bisa mengerti, bahwa negara kita kaya segalanya baik budaya, maupun makanan khas daerah yang bisa kita ketahui semuanya.” tukas nya.*(Yons/SR)


Editor: Reza.M

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama