Kondisi Angin yang Cukup Kencang saat Proses Pemadaman, Terbakarnya Pabrik Cat Kuda Terbang Dipastikan Sudah Padam

Pabrik Cat Kuda Terbang Terbakar Hebat
Sudin Gulkarmat pastikan pagi ini pukul 08.00 WIB kebarakan yang melanda pabrik cat kuda terbang sudah padam. (Foto Istimewa)

JAKARTA - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara memastikan bahwa kebakaran yang melanda pabrik cat kuda terbang di Jalan Bandengan Utara Raya Terusan, RT.06/11, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara sudah padam pagi ini tepatnya pada pukul 08.00 WIB.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Rahmat Kristantio mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan waktu lebih dari 12 jam untuk memastikan kebakaran di lokasi telah padam seluruhnya.

"Material bangunan yang roboh menghalangi akses petugas Damkar. Selain itu banyak bahan kimia seperti thinner yang menyebabkan api sulit untuk dipadamkan," ujar Rahmat dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (09/05/2023). 

Lanjut Rahmat menjelaskan, melihat kondisi angin yang cukup kencang saat proses pemadaman juga memicu api menjalar ke bagian pabrik lainnya. Imbasnya api terus membara menyebabkan pasokan air pada mobil pemadam menipis. 

Dalam proses pemadaman ini, pihaknya memakai cairan foam untuk menjinakkan api yang bersumber dari bahan kimia tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik," sebut Rahmat.

Rahmat pun menambahkan, dalam kebakaran tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak 32 unit mobil pemadam kebakaran berikut 160 personel. "Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah," tukasnya.*(SR)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama