Kelompok Mahasiswi Fikom Universitas Mercu Buana Cetak Remaja Kreatif Menjadi Podcaster

Kelompok Mahasiswi Fikom Universitas Mercu Buana Cetak Remaja Kreatif Menjadi Podcaster


Tangerang - Istilah Podcast awalnya dikenal sebagai bentuk media konvergensi Radio ke jaringan digital streaming. Pembentukannya diawali dengan sistem siaran audio (media dengar) yang dapat dinikmati menggunakan koneksi internet pada kanal tertentu. 


Seiring perkembangannya podcast menambahkan unsur visual (media pandang) untuk memperkaya estetika dan terkesan lebih atraktif. Meskipun teknik pengambilan gambar tidak menjadi prioritas dalam produksi konten ini. 


Melihat pesatnya pengguna internet Indonesia yang menjadikan media streaming sebagai 

wadah mencari hiburan. 


Kini bentuk kemasan podcast dapat di produksi oleh berbagai macam lapisan latar belakang masyarakat. Salah satunya oleh remaja siswa siswi SMK Budi Mulia Tangerang yang membentuk komunitas Podcast untuk mewadahi minat bakat siswanya.


Melihat potensi tersebut, kelompok mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana mengadakan workshop podcaster. Kelompok yang terdiri dari Resti Surtika (Aci Standup Komedian), Siti Muspiroh dan Puspa Alicia Salsabila. 



Dalam kegiatannya, kelompok mahasiswa mengangkat tema How To Be Podcaster, siswa dan siswi diajarkan tentang penulisan naskah non berita, menjadi host, sekaligus keterampilan videografi dan editing. 


Ditargetkan dengan adanya kegiatan ini para 

remaja senantiasa berkontribusi memproduksi konten positif dan menghibur. 


Aci selaku salah satu pemateri dan pendamping kegiatan pembinaan berperan untuk membentuk 

host atau penyiar podcast. Sesuai dengan latar belakangnya yang aktif dalam produksi konten 

youtube (HAHAHA TV) serta podcast Temenan Sama Nasib. Dilanjutkan dengan sesi kedua Siti Muspiroh membahas penulisan naskah non berita. 


Sesi ketiga dipandu oleh Puspa Alicia Salsabila memberikan materi videografi dan editing serta di adakan praktek, dan di sesi ke empat dipandu oleh semua anggota kelompok srikandi dengan mengadakan game. 


“Aku suka dengan kegiatan yang membahas menjadi seorang podcaster ini karena jujur aku masih bingung ketika harus memilih tema yang menarik itu kaya gimana,” ujar Cinta salah satu siswa, Rabu (10/05/2023).


Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Mei 2023 dihadiri 30 siswa dan siswi serta beberapa tokoh penting yaitu, Dosen Pembimbing Kuliah Peduli Negeri (KPN) Bapak Ridho Azlam Ambo Asse, M.Ikom, Ibu Devi Suhailah, S.Kom. I (Kajur PSPT) dan Bapak Miftha Fadfar Faqih, A. Md (Kepala Studio TV & Radio).*(SR)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama