Yayasan Silaturahmi Gelar Pelatihan Penyembelih Hewan Qurban

Yayasan Silaturahmi Gelar Pelatihan Penyembelih Hewan Quran
Foto: Dokumen Istimewa

Tangerang - Yayasan Silaturahmi Kota Tangerang bekerjasama dengan Kecamatan Neglasari dan MUI Kota Tangerang, menggelar pelatihan sembelih hewan qurban kepada 60 peserta yang ada di wilayah Kecamatan Neglasari, yang dimana nantinya para peserta akan mendapatkan sertifikat untuk memotong hewan qurban dari Jagal Warisan Umara dan Ulama (Jawara).

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diajarkan bagaimana memotong hewan qurban secara benar dan sesuai dengan syariat Islam. Kegiatan tersebut, di hadiri oleh Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin yang juga membuka pelatihan secara resmi.


Wakil Walikota Tangerang, H. Sachrudin mengatakan bahwa pelatihan yang digelar oleh Yayasan Silaturahmi sangat  bermanfaat dan sangat jarang sekali ada pelatihan penyembelihan hewan qurban.


"Saya sangat mendukung, karena pelatihan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Jadi, setelah mereka diberikan pelatihan para peserta bisa menyembelih hewan qurban sesuai dengan syariat Islam," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (10/06/2023).



Sementara itu, Camat Neglasari Andika Nugraha menjelaskan, kegiatan JAWARA yang diikuti oleh 60 peserta sangat bermanfaat, karena para peserta mendapatkan ilmu bagiamana cara yang benar memotong hewan qurban sesuai aturan agama Islam. Bahkan, para peserta kedepan bisa menggunakan ilmu tersebut dikemudian hari.


“Dengan pelatihan ini, peserta pelatihan bisa memberikan jaminan sesuai aqidah. Sehingga nanti bisa menjadi amal ibadah dan bisa menjadi hal hal yang baik serta tidak menyalahi aturan," paparnya.


Ketua Pelaksana Djoko Handoko menuturkan, bahwa pelatihan tersebut gratis dan tidak dipungut biaya, para peserta juga mendapatkan sertifikat resmi untuk modal mereka melakukan penyembelihan sesuai syariat Islam. Karena, memotong hewan qurban atau hewan konsumsi harus sesuai syariat Islam agar saat di konsumsi menjadi halal.


"Di dalam pelatihan ini, para peserta diberikan tata caranya. Mulai memotong hewan qurban dan juga doa apa saja yang dilakukan sebelum mereka memotong. Kita berikan sertifikat resmi, agar para peserta bisa melakukan penyembelihan dimana saja. Semoga, ilmu yang diberikan bisa digunakan para peserta dimana saja," tutupnya.*(SR)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama