Harian Kompas Bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Sukses Selenggarakan Diskusi Bertemakan Ketahanan Pangan melalui Elektrifikasi Agrikultur

Harian Kompas Bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Sukses Selenggarakan Diskusi Bertemakan Ketahanan Pangan melalui Elektrifikasi Agrikultur

Jakarta - Harian Kompas bekerjasama dengan PT PLN (Persero), perusahaan penyedia energi terkemuka di Indonesia, menggelar Kompas Talk bertema "Ketahanan Pangan Melalui Elektrifikasi Agrikultur" di Jakarta, Rabu (12/7/2023). Acara ini bertujuan untuk membahas pentingnya penggunaan elektrifikasi dalam meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

Hadir dalam acara ini berbagai tokoh penting yang terkait dengan pertanian dan ketahanan pangan. Salah satunya adalah pemimpin redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra, yang memberikan sambutan pembukaan. Dharmasaputra menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor pertanian dan penyedia energi dalam menghadapi tantangan dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko selaku Pembicara Kunci menyampaikan pentingnya elektrifikasi pertanian dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Dia juga menjelaskan bagaimana kolaborasi antara petani, peneliti, dan perusahaan energi dapat menciptakan inovasi yang mampu memberikan dampak positif bagi sektor pertanian.

Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah narasumber ahli dan praktisi terkait, seperti petani muda Rayndra Mahmudin yang berbagi pengalamannya dalam mengimplementasikan elektrifikasi di ladangnya. Selain itu, peneliti Desa Digital IPB-FAO, Auzi Asfarian, memberikan pemahaman tentang pengaplikasian teknologi digital di sektor pertanian.

Turut hadir dalam kegiatan ini pula Tonny Bellamy, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN (Persero), serta Muhammad Taufik Ratule, Sekretaris Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian. Bellamy memberikan wawasan mengenai upaya PT PLN dalam mendukung elektrifikasi pertanian di Indonesia, sementara Ratule membahas langkah-langkah Kementerian Pertanian untuk mendorong ketahanan pangan melalui penggunaan energi listrik yang lebih efisien.

Dalam sesi tanya-jawab, peserta acara berkesempatan untuk bertanya kepada para pembicara tentang hal-hal terkait dengan elektrifikasi pertanian dan ketahanan pangan. Diskusi yang terjalin memberikan wawasan berharga serta pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya mengintegrasikan teknologi energi dalam sektor pertanian di Indonesia.

Melalui kolaborasi antara Harian Kompas dan PT PLN (Persero), acara Kompas Talk bertema Ketahanan Pangan Melalui Elektrifikasi Agrikultur ini menjadi wadah yang berhasil menghadirkan pemangku kepentingan dalam satu forum. Harapannya, diskusi ini dapat mendorong terciptanya langkah-langkah nyata dalam memperkuat ketahanan pangan di Indonesia melalui penggunaan energi listrik yang efisien dan berkelanjutan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama