Masuki Tahun Ajaran Baru, SDN Petir 4 Kota Tangerang Lakukan MPLS

Masuki Tahun Ajaran Baru, SDN Petir 4 Kota Tangerang Lakukan MPLS
Peserta didik baru SDN Petir 4 Kota Tangerang saat MPLS berlangsung. (Foto: Nissin/Suara Realitas)

TANGERANG - Berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan dilaksanakan selama 12 hari bagi peserta didik baru tahun ajaran 2023-2024. 

SDN Petir 4 Kota Tangerang menggelar kegiatan MPLS yang berlangsung di halaman sekokah, Jl. Sawah Darat, RT. 04/05, Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (18/07/2023). 

Hal ini dilaksanakan guna siswa-siswi maupun para pengajar atau guru semakin nyaman dan betah hingga tidak ada lagi yang canggung dalam proses belajar mengajar dilakukan.

Kepala Sekolah, Hj.Asih menyampaikan bahwa untuk kegiatan ini agar kita dapat bekerja sama para jajaran SDN 4 Petir Kota Tangerang dengan wali murid, supaya kedepannya anak-anak yang sudah melaksanakan MPLS ini lebih mandiri dan wali murid pun kita perbolehkan untuk menunggu dalam kegiatan ini. Setelah 1 Minggu, wali murid tidak diperkenankan untuk menunggu anaknya di dalam lagi.

"Supaya anak-anak lebih mandiri, percaya diri juga lebih tanggung jawabnya dalam kebiasaan-kebiasaan di sekolah dan saat ini berbarengan dengan hari 1 Muharram, tadi anak kelas 1 tidak ikut pawai dalam kelas, yang ikut pawai itu dari kelas 3 sampai kelas 6. Kita pawai cukup sampai di Pesantren Haji Gojali, jadi hanya ruang lingkup sekolah," ujar H.Asih saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Selasa.

Menurut Asih, ada hari-hari bersejarah dalam 1 Muharaam itu, cara prosesnya agar anak-anak mengenal hari-hari Islam. Pada sejarah Islam ini merupakan bentuk siar Islam yang harus diketahui anak-anak dan banyak manfaatnya. Lebih jauh, untuk tahun baru Islam kita perkenalkan tahun baru nasional 'Tahun Baru Islam' juga harus memahami konteksnya nyambung dengan kurikulum Merdeka.

"Dengan begitu, mungkin di sekolah-sekolah lain juga sama pak, mungkin merayakannya nanti hari Sabtu, karena saya belum ada pengumuman harus Daring, ya sudah dari kemarin malam kita sudah punya planning sama guru-guru jadi sudah di share ke wali murid. Anak-anak harus membuat penyemangat bagi anak-anak. Kalau kita misalnya nggak jadi lah atau di cancel pasti kecewa ya, makanya kita bener-bener mengenalkan projek profil Pancasila ini berhubungan dengan kurikulum merdeka-merdeka dan Temanya yaitu pengenalan ke tahun baru ajaran islam, tahun baru ajaran Islam wajib untuk anak-anak SD kelas 1 ya," ungkapnya.

Untuk seragam, lanjut dia, jadi selama ini anak-anak pakai seragam TK aja sementara, pihak sekolah nanti menyiapkan seragam itupun menunggu instruksi atau pemberitahuan dari Dinas.

Adapun pelaksanaan kegiatan MPLS dilaksanakan dari jam 07.30- 09.00. Diketahui, yang mengikuti kegiatan MPLS tersebut sebanyak 128 peserta didik baru dalam 4 rombel (kelas), dan 28 tenaga pengajar.*(Nissin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama