Langkah Nyata Atasi Perubahan Iklim, Kelurahan Kamal Ikut Tanam Pohon Serentak bersama Presiden Jokowi

Langkah Nyata Atasi Perubahan Iklim, Kelurahan Kamal Ikut Tanam Pohon Serentak bersama Presiden Jokowi
Kelurahan Kamal lakukan penanaman pohon serentak bersama Presiden Jokowi melalui zoom di seluruh Indonesia. (Foto: Suara Realitas/Za)

JAKARTA - Lurah Kamal, Iqbal Siregar melakukan penanaman pohon serentak bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di seluruh provinsi di Indonesia dengan memanfaatkan momentum musim hujan yang bergulir mulai Desember 2023.

Gerakan penanaman pohon serentak ini turut dihadiri Presiden Joko Widodo melalui zoom, Kasipem Kamal Praceka, Babinsa Koramil 06/Kalideres Serda Sutarno, Satpol PP Kamal, dan PKK Pokja 03 Kelurahan Kamal.

Lurah Kamal, Iqbal Siregar menyampaikan, bahwa pagi hari ini ada kegiatan penanaman pohon live melalui zoom bersama bapak Presiden RI di setiap kelurahan.

“Hari ini semua kelurahan sesuai dengan arahan dari Walikota melakukan penanaman pohon di area lingkungannya masing-masing,” ujar Iqbal kepada wartawan, di kawasan Perumahan Citra 5, tepatnya Botanical Garden RT.02/RW.10, Kamal, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (29/11/2023) pagi.

Berdasarkan pantauan wartawan dilokasi, sebanyak 10 pohon buah jenis mangga, kelengkeng, jeruk, alpukat ditanam Kelurahan Kamal. 

Bertajuk 'Birukan Langit Jakarta' dengan dampak yang ditimbulkan tidak terlalu signifikan dan supaya langit di Jakarta kembali biru, sehingga tidak ada lagi polusi udara.

“Penanaman pohon kali ini selalu untuk penghijauan di wilayah Botanical Garden Kelurahan Kamal. Lokasi ini kan luasnya 2,2 hektar, beberapa bulan yang lalu kita melakukan penanaman pohon bersama-sama Pemprov DKI Jakarta Pj Gubernur, Walikota Jakbar dan Panglima TNI,” ujarnya.

Dia menambahkan, tanaman yang ditanam disini semua memakai pupuk organik, karena tidak menggunakan pupuk kimia.

“Semua organik karena tidak menggunakan pupuk kimia,” tambahnya.

Bahkan ia pun berharap, dengan adanya Taman Botanical Garden seluas 2,2 hektar ini mampu mengurangi polusi dan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Disisi lain, Kelompok Kerja (Pokja) 03 PKK Kelurahan Kamal, Didoh Holidah mengatakan, Taman Botanical Garden ini dapat menjadi penunjang bagi kegiatan mereka. Banyak kegiatan ibu-ibu PKK seperti Posyandu, atau pertemuan bisa mengambil sayuran dari taman tersebut.

“Di Taman Botanical Garden ini tersedia sawi, pokcoy, selada yang ditanam secara organik, dan saya harapkan akan semakin banyak tanaman yang bermanfaat yang ditanam,” ujar Didoh Holidah.

Pada kesempatan tersebut juga terlihat warga membeli sayuran di Taman Botanical tersebut.


Penulis: Za

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama