Ini Pesan Ir. Nuroji Anggota DPR RI Komisi X Terkait Budaya dan Lingkungan

Depok- Dalam rangka melestarikan lingkungan dan budaya di wilayah kota Depok Jawa Barat forum komunitas Hijau Nusantara mengadakan acara Ngabuburit Ngaji ekologi dengan tema : Tuhan, Ruang dan manusia. Acara ini di helat pada hari Jum'at (5/4/2024) bertempat di warung kangen desa Joglo Nusantara sawangan kota Depok Jawa Barat.

Acara yang kreasikan oleh Arsa Kreasi Komunika dan didukung oleh langgar aksara Nusantara, warung kangen desa dan joglo Nusantara ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Ir.Nuroji anggota DPR RI komisi X dari partai Gerindra, Mayjen TNI Ridho Hermawan Deputi Kebangsaan Lemhanas Republik Indonesia, Drs. Supian Suri MM Sekda kota Depok dan Heri Syaefudin Founder Joglo Nusantara.

Dalam diskusi tersebut Nuroji mengatakan bahwa kebudayaan dan lingkungan adalah dua hal yang terkait dan tak terpisahkan. 

Misalnya saat ini kita sedang membangun IKN nah, jika IKN dibangun nantinya pasti akan ada pergeseran penduduk dan penduduk tersebut akan membawa budayanya ke lokasi setempat, ujarnya.

Masyarakat yang mengikuti diskusi ini diharapkan dapat memberikan masukan-masukan terkait Budaya, Seni dan lingkungan khususnya di kota Depok.

"Jadi, Diharapkan nantinya masukan-masukan tersebut bisa menjadi masukan yang membangun Seni budaya di kota Depok ini" ungkap Nuroji.

Kota Depok dapat dikatakan kota penghubung dan peluangnya bisa menjadi kota Hub karena banyaknya akses tol yang dibangun. 

Karena aksesnya yang mudah tentunya hal ini berdampak positif bagi UMKM dan objek wisata yang ada di kota Depok. Jadi, ia ingin nantinya akan ada integrasi antara budaya dan pariwisata. 

Menurut Nuroji Budaya yang ada di Indonesia saat ini harus terus dijaga dan dilestarikan agar tidak tergerus dengan budaya asing. 

Ia mencontohkan bahwa saat ini bisa kita lihat bersama adanya budaya asing yang menyerbu Indonesia misalnya budaya K-pop dan budaya lain hal ini perlu disikapi dengan bijak.

Untuk itu kita akan terus merangkul anak muda untuk terus melestarikan kebudayaan Indonesia ujarnya 

Diketahui Nuroji yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi X DPR RI ia adalah salah satu anggota DPR yang aktif menggagas Undang-Undang Kebudayaan.

"Kami bersama teman-teman di komisi X terus menggodok undang-undang kebudayaan" jelas Nuroji.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama