Dewan Perwakilan Rakyat RI, Ono Surono Menerima Penghargaan ‘Lifetime Achievement Award’ Dari Dewan Koperasi Indonesia


JAKARTA
 - Tokoh Nelayan dan Pegiat Koperasi Pantura asal Indramayu Ono Surono, S.T. hadir pada puncak peringatan hari Koperasi Nasional ke-77 di Gedung Smesco Jakarta, Jumat (12/07/24).

Ono Surono menerima penghargaan Pengabdian Seumur Hidup (Lifetime Achievement Award) dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Penghargaan ini diterima Ono bersama 6 tokoh koperasi lainnya dan langsung diberikan oleh Ketua Umum Dekopin Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP., pada puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 77 di Gedung Smesco Jakarta, Jumat 12/7/2024. 

"Penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan dan buah dari perjalanan hidup selama 50 tahun usia, untuk selalu konsisten memperjuangkan gerakan Ekonomi Pancasila dan Gotong Royong," kata anggota Komisi IV DPR RI ini kepada awak media.

Bakal Calon Jabar 1  yang telah direkomendasikan PDIP akan bertarung di Pilkada 2024 mengatakan semangat koperasi harus dimunculkan kembali disaat kondisi ekonomi bangsa sedang tidak baik baik saja. Maka  pemerintah harus benar benar mengeluarkan regulasi yang melindungi pemberdayaan koperasi dan benar benar harus dijalankan, imbuhnya.

Koperasi tidak perlu monopoli tapi dia perlu proteksi terhadap usaha usahanya. Harus ada kebijakan pemerintah bisa melindungi dan memberdayakan koperasi.  Yang kita tahu koperasi selalu bermasalah di sumber daya manusia koperasinya. Kepemimpinan koperasi kedepannya menjadi sangat penting sehingga jangan ada lagi pengurus-pengurus yang menjadikan koperasi sebagai kedok, jelas Ketua DPW PDIP Jabar ini.

“Saat kondisi ekonomi bangsa yang menurun seperti ini, dimana rakyat kecil terjebak oleh  rentenir, pinjaman online bahkan judi online, maka semangat koperasi ini wajib didorong kembali secara nyata, bukan sekedar propaganda," tegas Ono.

Ono mengatakan dirinya sungguh sangat berharap, kedepannya, koperasi berbasis komunitas dan desa/kelurahan akan terbentuk di seluruh wilayah Indonesia untuk membantu ekonomi rakyat., paparnya.

Ono meyakini koperasi yang menjadi solusi dan perlu kesadaran dari masyarakat. Situasi kondisi koperasi Jawa barat dan nasional sama. Kita berharap pemerintah yang baru nanti Prabowo, Gubernur, Bupati dan  Walikota yang  nanti terpilih harus mempunyai komitmen terhadap dan saya salah satunya, tandasnya.

Selain itu, Ono Surono  telah membukukan kontribusi pemikiran dan kerja lapangan dalam mewujudkan Ekonomi Pancasila atau Ekonomi Gotong Royong. Hal itu tertuang dalam sebuah karya yang berjudul Koperasi Nelayan, Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Tangkap Berbasis Ekonomi Gotong Royong.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama